PT. Indah Forindo Jl Kaliwaron 76 Surabaya, Indonesia

csadmin@clayxible.com

Ini Adalah Beberapa Inspirasi Dinding Batu Alam Untuk Rumah Kamu

Ini Adalah Beberapa Inspirasi Dinding Batu Alam Untuk Rumah Kamu

Ada banyak sekali pilihan material atau bahan baku yang bisa digunakan untuk melapisi permukaan dinding rumah. Beberapa contohnya seperti perpaduan semen dan cat, wallpaper, keramik, hingga batu alam

Batu alam kini banyak sekali digemari oleh masyarakat luas karena memang sedang trend juga menggunakan batu alam sebagai pelapis dinding. Dengan menggunakan batu alam sebagai pelapis dinding maka akan memberikan kesan yang natural dan alami untuk rumah, dan juga terkesan mewah.

Nah, kali ini kita akan coba membahas sedikit tentang dinding batu alam yang bisa membuat suasana di dalam rumah menjadi lebih alami. Pertama untuk harga sendiri, batu alam ini memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal dibandingkan dengan keramik atau wallpaper. 

Ada fakta yang harus kamu ketahui, rumah yang menggunakan dinding batu alam dapat menambah nilai jual rumah. Nah baru tau kan ternyata hanya dengan menggunakan batu alam sebagai dinding kamu bisa meningkatkan nilai jual rumah sekaligus untuk investasi.

Makin penasaran tentang dinding batu alam? Yuk langsung aja simak penjelasannya berikut ini!

Jenis-jenis Batu Alam Yang Sering Dijadikan Pilihan

Nah batu alam sendiri itu ada banyak sekali jenis nya loh, jadi kamu bisa dengan leluasa memilih batu alam jenis apa yang kira-kira cocok untuk hunian kamu. 

Kamu juga mencari batu alam yang cocok dengan gaya hunian kamu, misalnya saja rumah kamu menggunakan gaya minimalis, nah biasanya marmer menjadi pilihan untuk memberikan kesan elegan yang sederhana namun mewah. Berikut ini adalah beberapa jenis batu alam yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Batu Marmer

batu alam marmer

Jangan heran kalo misalnya kamu sering menemukan batu marmer di rumah temen kamu, atau rumah saudara kamu. Batu marmer sudah sering ditemukan di rumah-rumah terutama pada area lantai atau permukaan meja dapur. 

Walaupun batu marmer ini sering ditemukan dan digunakan orang, bukan berarti batu marmer tidak bisa digunakan sebagai dinding batu alam. Keunggulan dari dinding batu alam marmer ini adalah rumah jadi terlihat lebih mewah dan elegan.

Warna dari batu marmer pun cukup beragam, ada yang putih, coklat, dan hitam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Jika ingin menggunakan dinding batu alam dari marmer, pastikan hanya untuk interior saja karena marmer mudah rapuh saat terkena panas atau hujan.

Batu Gamping

batu alam gamping

Kamu kurang familiar dengan nama batu gamping ini? Ya memang di Indonesia, orang mengenal batu gamping ini sebagai batu kapur. Batu gamping ini adalah salah satu batu alam yang bandel, kenapa? Karena kualitasnya yang tahan segala suhu dan cuaca, juga kekokohannya menjadi alasan mengapa banyak orang memilih batu gamping untuk desain rumah mereka. 

Warna dari batu gamping ini tidak hanya putih saja loh, kamu juga bisa menemukan batu gamping berwarna abu, biru, coklat, bahkan merah muda. Jadi kamu bisa menggunakan batu gamping ini untuk segala kebutuhan rumah, mulai dari interior maupun eksterior.

Batu Candi

keramik dinding batu alam candi

Apa yang terlintas dipikiran kamu saat melihat nama dan gambar batu alam yang satu ini, hal pertama yang pasti kamu pikirkan adalah candi-candi bersejarah di Indonesia. Ya sesuai namanya pasti kamu berpikiran bahwa batu ini memang digunakan untuk membangun candi-candi pada zaman dulu.

Walaupun namanya sama, batu ini bukanlah jenis batu yang dipakai orang jaman dahulu untuk membangun candi. Batu candi mempunyai komposisi yang berbeda dengan batu andesit yang biasanya digunakan para leluhur kita untuk membangun bangunan. Pori-pori batu candi lebih terbuka dan juga lebih mudah dirawat dibandingkan batu andesit. Harganya juga ramah di saku!

Batu Templek

Batu templek

Kalo batu alam yang satu ini mungkin sebagian orang tidak mengetahui namanya, tapi pasti sering melihat batu alam ini. Namanya adalah batu templek, batu templek memiliki banyak sekali jenis tergantung pada daerah pembuatannya. 

Setiap jenis atau bentuk dari batu templek ini tergantung dari tempat batu ini dibuat, ada batu templek Purwakarta, batu templek Garut, batu templek atau Salagedang. Secara umum, tidak ada yang membedakan keunggulannya, hanya berbeda motif atau pola saja.

Jika dibedakan berdasarkan polanya, batu templek ini ada yang memiliki motif acak atau persegi. Biasanya batu templek dengan motif persegi akan lebih mahal karena bisa mempermudah proses pemasangan di dinding. 

Namun, yang bermotif acak pun tidak kalah menarik karena bisa membuat dinding batu alam terlihat lebih natural.

Batu Bluestone

batu alam bluestone

Jenis batu alam berikutnya agak sedikit berbeda karena tidak berasal dari Indonesia, ya namanya adalah batu alam bluestone. Bluestone adalah batu alam hasil impor dari negara Amerika Serikat. 

Batu alam jenis bluestone ini memiliki tekstur dan komposisi yang menyerupai batu templek dan juga batu andesit, namun dengan warna yang berbeda. Bisa dilihat dari gambar warna dari batu bluestone agak lebih ke warna biru, ada juga bluestone yang memiliki warna biru gelap. 

Bluestone juga terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan batu templek dan batu andesit. Selain untuk bangunan rumah, batu ini juga sering diukir untuk dijadikan perhiasan berharga.

Pengaplikasian Dinding Batu Alam

Nah untuk pengaplikasiannya sendiri, dinding batu alam bisa diaplikasikan di bagian rumah mana saja, bisa untuk bagian luar maupun bagian dalam rumah. Kamu bisa konsultasikan kepada jasa konstruksi profesional.

Ada banyak sekali contoh penggunakan batu alam, ada yang menggunakannya untuk dinding rumah, ada yang menggunakannya untuk lantai dan masih banyak lagi. Pengaplikasian batu alam ini bisa disesuaikan dengan selera penghuni rumah.

Kelebihan Menggunakan Dinding Batu Alam

Apa sih sebenernya kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan dinding batu alam dibandingkan dengan material lainnya? Mungkin sebagian orang akan bertanya seperti itu. Menggunakan batu alam memiliki banyak kelebihan, nah berikut adalah penjelasan tentang beberapa kelebihan menggunakan dinding batu alam.

Memiliki Kesan Alami

Untuk rumah yang menggunakan dinding batu alam, maka rumah tersebut akan memiliki kesan yang natural atau alami. Biasanya menggunakan dinding batu alam juga menjadikan suasana rumah menjadi sedikit lebih sejuk.

Penggunaan dinding batu alam sangat cocok untuk beberapa gaya rumah, seperti minimalis atau gaya rumah semi outdoor, karena dengan adanya batu alam di bagian rumah akan mendukung konsep rumah yang sudah ada.

Apalagi kalo di rumah tersebut ada tanaman hijau yang cukup banyak menghias rumah, kesan alaminya akan semakin terasa lagi.

Memberikan Kesan Elegan dan Mewah

Selain memberikan kesan alami, batu alam juga bisa memberikan kesan elegan dan mewah, ditambah lagi kalo kamu memilih jenis batu alam yang tepat, seperti batu marmer atau granit.

Penggunaan batu alam yang memberikan kesan elegan dan mewah biasanya menyatu dengan dindingnya. Sebagai contoh, kamu menggunakan batu alam untuk bagian dinding dan juga bagian lantai rumah.

Tidak sedikit juga orang yang menggabungkan beberapa jenis batu alam menjadi satu kesatuan, misalnya saja batu alam dikolaborasikan dengan batu granit, atau batu templek dikolaborasikan dengan bluestone. Hal ini bisa menambahkan kesan elegan dan mewah.

Tahan Lama

Kelebihan yang satu ini adalah yang menjadi salah satu pertimbangan utama kenapa orang memilih batu alam untuk kebutuhan rumahnya. Batu alam memiliki daya tahan yang sangat lama, jadi walaupun harganya memang sedikit lebih mahal dari material pelapis dinding lainnya, tapi kamu akan mendapatkan daya tahan yang sangat lama.

Nah daya tahan ini yang biasanya dicari orang dari batu alam, selain itu karena memiliki daya tahan yang lawa atau awet, ditambah lagi perawatan yang benar, suatu saat kamu akan menjual rumah harga jualnya akan naik.

Gunakan Batu Alam Untuk Dinding Rumah Kamu!

Yap itulah tadi penjelasan tentang dinding batu alam. Gimana tertarik ga untuk menggunakan batu alam sebagai pelapis dinding rumah kamu? Setelah mengetahui informasi tentang batu alam, pasti kamu memiliki rasa penasaran dan ingin mencoba.

Batu alam memang sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai material pelapis dinding, nah buruan deh kamu juga gunakan batu alam untuk pelapis dinding rumah kamu, dan kamu pasti bakal ngerasain semua penjelasan di artikel ini setelah kamu menggunakan batu alam untuk dinding rumah.

Kamu tau ga ternyata ada loh dinding batu alam warna putih, penasaran? Cari tau informasinya disini!

 

Clayxible adalah material bangunan baru yang revolusioner. Sangat cocok untuk digunakan baik di dalam atau di luar ruangan dan merupakan alternatif dari keramik, kayu dan batu alam.

Diproduksi menggunakan teknologi tinggi, menghasilkan produk yang fleksibel, tahan lama, dan sangat ringan.

Hubung Kami

Office Address
PT. Indah Forindo Jl Kaliwaron 76 Surabaya, Indonesia

Phone Number
(031)5951516

Mail
csadmin@clayxible.com

Mulai Sekarang

Open chat
1
Halo Clayxible